Langkah Jitu Lawan Depresi

Jangan tangisi keadaan. Banyak hal yang dapat membuat Anda merasa lebih baik tanpa biaya

Krisis ekonomi yang masih melanda dunia membuat orang memiliki lebih banyak alasan untuk menderita depresi. Karir terhenti, beban pekerjaan bertambah, penghasilan tidak meningkat, dan sebagainya, menyebabkan kejenuhan dan perasaan tertekan
.

Sementara itu, tiadanya tambahan penghasilan membuat Anda kesulitan mencari bantuan profesional untuk mengatasi depresi. Tapi jangan khawatir, banyak hal yang dapat membuat Anda merasa lebih baik, tanpa biaya sama sekali. beberapa di antaranya :

- Berhenti menyalahkan diri sendiri.
Ini merupakan langkah paling mudah dan sederhana namun terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengalahkan depresi. Depresi muncul karena tekanan, ditambah perasaan bersalah dan ketidakmampuan. Anda akan berhasil memerangi gejala depresi dengan menyesuaikan perilaku.

- Cari teman bicara.
Memang tidak mudah mencari teman yang dapat memahami kondisi Anda, namun Anda akan merasa lebih baik setelah mengungkapkan apa yang Anda rasakan. Teman-teman Anda pun dapat membantu mencari bantuan pengobatan atau bahkan sekadar memberi dukungan.

- Olah raga.
Penderita depresi cenderung malas menggerakkann tubuhnya namun sedikit olah raga diyakini mampu memperbaiki emosi. Sebuah riset menunjukkan bahwa seorang pasien depresi mengalami penurunan gejala depresi hingga 50 persen setelah berolah raga rutin selama 12 pekan. Riset lain memperlihatkan bahwa olah raga dapat mendorong mood hingga 12 jam selanjutnya.

- Tunda keputusan besar.
Depresi dapat memengaruhi persepsi dan penilaian Anda, jadi sebaiknya Anda menunda mengambil keputusan mengenai karir atau hubungan hingga Anda merasa lebih baik. Sebelum memutuskan, lakukan konsultasi dengan orang-orang tepercaya seperti keluarga, teman, atau psikiater Anda.

- Jaga kesehatan.
Anda akan cenderung mengabaikan segalanya saat mengalami depresi, termasuk kondisi kesehatan. Namun kesehatan yang menurun justru akan memperburuk gejala depresi. Makanlah makanan sehat dan hindari melarikan diri ke minuman beralkohol atau obat-obatan psikotropika. Cobalah untuk tidur nyenyak.

- Buat rutinitas harian.
Melakukan aktivitas rutin harian dapat membantu Anda melawan depresi. Lakukan apa pun yang akan menghalangi Anda tinggal dan menangisi nasib di rumah seharian.

- Jangan terlalu keras bekerja.
Stres dan terlalu banyak pekerjaan merupakan salah satu pemicu depresi. Ketika Anda sudah mulai merasakan gejala depresi, beri waktu sedikit untuk memanjakan diri sendiri. Jangan paksa diri Anda bekerja lebih dari yang dapat Anda lakukan, bahkan lebih baik jika Anda mengurangi kuota pekerjaan Anda. Jika memungkinkan, ambil cuti atau izin sakit untuk berlibur.
Viva news

Tidak ada komentar: